Laman BelajardanInformasi

Cari artikel

Loading

Mengukur kesehatan komputer

Mengukur kesehatan komputer atau PC kita, jangan menunggu sampai mengalami kerusakan yang parah. Langkah preventif, diperiksa secara berkala, dengan bantuan beberapa aplikasi utility, tetapi selain itu diperlukan ketelatenan yang rutin dari pemakai sendiri tentunya dengan selalu mengukur kesehatan komputer.

Sebagai pemakai yang setiap saat menggunakan komputer PC atau laptop dan notebook, tentu ada saat mulai merasakan gejala-gejala yang lain dari kinerja komputer yang dipakai. Terutama yang menggunakan OS Windows, gejala umum (ringan) yang ada yaitu berjalan sangat lambat, baik pada saat start up atau saat digunakan untuk bekerja. Gejala lain seperti kipas processor yang tiba-tiba mengeluarkan suara keras dan bekerja tidak stabil, optical drive atau harddisk mengeluarkan bunyi-bunyi yang aneh.
Jika gejala ini diabaikan, bisa jadi akan menjalar menjadi bertambah parah. Dan perbaikan bisa memakan banyak biaya.
Untuk itu diperlukan langkah-langkah pencegahan, dengan bantuan beberapa utility, untuk membantu membereskan permasalahan tersebut.
MENGANALISA LEWAT WINDOWS
Yang paling mudah dari Windows sendiri, tersedia utility untuk menganalisa kerja hardware. Melalui Windows, bisa dilihat parameter apa saja yang perlu diperhatikan. Di sini juga bisa memonitor kecepatan kipas,penunjuk suhu dari komponen tersebut.
Beberapa komponen yang perlu diperhatikan, sebagai berikut :
Motherboard
Sebagai motor utama dari sebuah komputer (PC) atau notebook. Kita dapat melakukan monitoring dan controlling hampir pada seluruh komponen. Seperti kecepatan putar kipas, suhu CPU, chipset, video card dan power supply.
Saat ini sudah banyak pabrikan motherboard yang memberikan tools tambahan yang memiliki fitur untuk monitoring dan controlling, seperti Biostar T-Power, ASUS AI Suite, iGuru Abit, Gigabyte Easy Tune dan MSI Dual Core Center. Dengan tools bawaan tersebut, tentu kita akan semakin mudah mengetahui seberapa sehat komponen di dalam PC kita.
Pabrikan komponen Chipset juga sudah memberikan aplikasi universal yang bisa digunakan untuk melakukan hal yang sama, bahkan untuk tuning dan overlocking. Beberapa diantaranya, AMD Overdrive, Intel Desktop Control Center, dan nVIDIA nTune.
Selain pilihan utility diatas, alternatif lain bisa digunakan yaitu Speedfan ( freeware ). Aplikasi tools gratis ini memiliki kemampuan untuk melakukan monitoring suhu dan kecepatan kipas dari processor, motherboard dan power supply. Aplikasi ini mendukung lebih dari 200 jenis motherboard.

bersambung ke software perawatan komputer

2 komentar:

  1. Untuk bro saya tidak punya komputer,aku masih main di warnet,jd tidak mengenal kesehatan komputer deh.

    BalasHapus
  2. kl kompy or leppy gw kena flu langsung gw panggil dokter pribadi bung...adek sendiri...

    BalasHapus

Terimakasih sudah meluangkan waktu berkunjung ke Blog Belajar dan Informasi, mohon dukungan dan masukannya.

Rekan Blog Belajardan Informasi