Laman BelajardanInformasi

Cari artikel

Loading

Belajar mengatasi Notebook bermasalah

Tidak seperti Personal Desktop atau PC, Notebook atau laptop mempunyai komponen yang lebih rentan. Sedikit saja terganggu, maka notebook biasanya langsung “ngambek” ( tapi ini hanya kasuistik dari beberapa merk dan juga umumnya barang elektronik). Ada baiknya sebagai pemakai pribadi dapat menganalisa dahulu penyebabnya sebelumnya dibawa ketempat servis. Hitung-hitung kreatif dalam belajar mengatasi Notebook bermasalah.

Berikut ada beberapa hal yang dapat membuat Notebook/Laptop bermasalah :
Mengeluarkan bau dan asap tipis
Ini biasanya berhubungan dengan sumber listrik. Hal pertama yang mesti diperhatikan adalah memeriksa sumber listrik Notebook. Apakah dalam kondisi tersambung dengan Adaptor ? Jika iya maka segera cabut Adaptor.
Lalu coba nyalakan Notebook dengan menggunakan baterai. Kalau menyala, masalah disebabkan oleh Adaptor Notebook. Bisa jadi Adaptornya sudah dalam kondisi buruk, atau karena tegangan yang dikeluarkan Adaptor melebihi batas kemampuan Notebook sehingga menimbulkan hubungan pendek pada komponen Notebook.

Temperatur ruangan
Periksa suhu ruangan, apakah berada diruangan yang bersuhu tinggi ? Atau Notebook langsung terkena sinar matahari ? Kalau iya, bisa jadi Notebook mengalami panas berlebih.
Jalan keluarnya, bisa menggunakan cooling pad dan tentu saja jika terpapar langsung matahari segera hindari, pindahkan ketempat yang lebih sejuk. Meletakannya juga jangan dipermukaan yang lunak, karena dapat menghambat aliran sirkulasi udara panas yang dibuang dari Notebook.
Panas yang semestinya terbuang tidak tersalurkan dengan baik, Notebook bisa saja tidak menyala. Coba diamkan sejenak kemudian nyalakan kembali.

Baterai
Perangkat ini sering menjadi hal utama dalam urusan Notebook/Laptop yang “ngambek” ( apalagi sudah berumur). Cek suhu baterai ketika Notebook mati mendadak, apa panasnya tinggi ? Jika baterai terhubung bersama dengan Adaptor, coba lepaskan salah satu. Jadi Notebook hanya menyala hanya dari salah satu sumber daya yaitu dari adaptor dan power listrik atau baterai.
Isi baterai sampai penuh lalu gunakan baterai tersebut untuk menghidupkan Notebook. Jika baterai cepat habis,, misal 10 menit sampai 30 menit dari kondisi penuh, bersiaplah untuk membeli baterai baru ^_^.

Kipas dan harddisk tidak berputar
Masalah ini kemungkinannya ada di kipas yang rusak, sehingga Notebook kepanasan. Atau periksa pada lampu indikator tombol power, jika tidak menyala maka kemungkinan ada masalah pada baterai atau Adaptor. Bisa dicek Adaptor dan baterai tersebut ke Notebook lain yang sejenis, jika berfungsi dengan baik maka ada 2 kemungkinan, yaitu konektor DC yang ada pada Notebook bermasalah dan kedua kemungkinan motherboard harus diganti.

Lampu menyala tetapi LCD mati
Masalah ini banyak kemungkinannya, yang paling sering adalah kabel konektor LCD kendor atau putus.
Periksa kondisi kabel konektor LCD, gunakan multitester untuk mengetahui kondisi kabel. Jika LCD tidak menyala juga walau kondisi kabel bagus, coba gunakan monitor eksternal untuk mengetesnya. Apabila ada tampilan dengan monitor eksternal, maka kemungkinan LCD Notebook rusak.

Notebook menyala tetapi tampilan layar hitam
Bisa ditekan tombol pengaturan cahaya yang ada pada keyboard Notebook. Bisa jadi dalam kondisi terseting ke pengaturan yang gelap. Jadi sebelum memakai Notebook, diatur pencahayaannya secara manual.
Jika belum berhasil, langkah berikutnya masuk ke BIOS. Saat booting tekan tombol F2 untuk masuk ke BIOS ( kebanyakan tipe Notebook menggunaka tombol ini ).
Layar yang tetap hitam bisa karena BIOS rusak. Ini terjadi kemungkinan karena salah update BIOS.
Solusinya dengan mengembalikan BIOS keversi sebelumnya.
Selain masalah BIOS, bisa karena rusaknya kartu grafis, RAM atau inverter lampu backlight tidak berfungsi.

Terakhir, sebenarnya kasus pada kerusakan notebook lebih beragam dari hal yang disebutkan diatas, tetapi paling tidak ini bisa menjadi acuan untuk kita dalam belajar mengatasi Notebook bermasalah.
Jalan terakhir jika troubleshoot-nya berat, segera bawa ketempat servis.

salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah meluangkan waktu berkunjung ke Blog Belajar dan Informasi, mohon dukungan dan masukannya.

Rekan Blog Belajardan Informasi