Laman BelajardanInformasi

Cari artikel

Loading

Kenali piksel mati LCD

Piksel mati di LCD adalah mutlak tidak bisa diperbaiki.
Piksel mati itu berupa titik, dapat berupa titik hitam pada latar belakang terang atau titik putih pada latar gelap. Piksel mati bisa terjadi dengan mudah pada LCD. LCD sangat sensitif, tekanan dan sentuhan yang keras atau salah dapat membuat LCD rusak.
Sebuah pixel yang mati mengacu pada cacat dalam kemampuannya untuk menampilkan warna yang benar.
Misal pada sebuah monitor 17 inchi yang berisi sampai 4 juta piksel, pada proses pabrikan jika masuk partikel debu kecil di salah satu piksel dapat membuat pixel mati. Atau tekanan sedikit selama pengiriman dapat merusakan salah satu dari pixel yang sangat sensitif.
LCD merupakan salah satu komponen termahal dari notebook/laptop, biaya perbaikannya bisa membuat pemilik mengeluarkan uang banyak. Oleh karena itu kenali piksel mati LCD sejak dini.
Lewat perlakuan yang wajar dan paham akan perawatannya.
Untuk mencari tahu piksel mati di LCD, bisa dengan memperhatikan LCD (sebelumnya bersihkan dahulu permukaan LCD dengan lap berbahan katun yang lembut)dengan seksama, kalau ada titik berwarna hitam (pastikan bukan debu), itulah piksel mati.
kenali piksel mati LCD
Lebih mudah lagi untuk mencari piksel mati dengan menggunakan program bantu yaitu Dead Pixel Buddy, besaran file 26 KB dan dapat diunduh di softpedia.com: Dead Pixel Buddy.
Cara menggunakannya sangat mudah, setelah diunduh, ekstrak file ZIP-nya kemudian jalankan file EXE. Begitu program tampil,klik tombol warna di jendela program. Tampilan layar monitor LCD akan berubah warna hitam, putih, merah atau warna lain bergantung tombol yang diklik.
Perhatikan (setiap memilih tombol warna)tampilan warna dilayar dan amati apakah adakah sebuah titik, jika ada berarti itu piksel mati.
Secara umum, satu atau dua piksel mati pada layar LCD dianggap lumrah. Kecuali mendapati banyak piksel mati maka segera hubungi pusat servis.

Sumber : seperti tautan yang tersebut diatas, Softpedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah meluangkan waktu berkunjung ke Blog Belajar dan Informasi, mohon dukungan dan masukannya.

Rekan Blog Belajardan Informasi