Laman BelajardanInformasi

Cari artikel

Loading

Atasi Masalah Harddisk

Mengatasi masalah harddisk, untuk pengguna awam, dapat dilakukan jika tingkat kerusakannya (masalah) tidak menyangkut fisik, terkait dengan mekanisme kerja harddisk yang menggunakan piringan/cakram, atau pada bagian elektronik harddisk, untuk kasus seperti ini tentu diserahkan pada yang lebih ahli dan menguasai.
Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengatasi masalah pada logika fungsi dan kerja harddisk. Memang tetap bukan suatu hal yang mudah, namun masih bisa dilakukan walau sifat perbaikannya hanya sementara. Dengan maksud untuk mengembalikan data/recover data penting yang biasanya lupa di back-up oleh pemilik.
Peralatan atau software utility perbaikan harddisk banyak tersedia, mulai dari yang berbayar sampai yang gratis. Dan juga berjalan pada berbagai platform sistem operasi.
Untuk artikel ini penulis mencoba mengenalkan utility berbasis Linux yang pernah penulis gunakan untuk memperbaiki harddisk.
Pada masalah partisi,salah satunya adalah Parted magic ( distro ) digunakan untuk mengetahui dan memperbaiki partisi apa saja yang ada dalam harddisk. Kemudian gunakan TestDisk untuk mengetahui apakah ada partisi NTFS atau FAT32 yang terhapus dari harddisk tersebut, baik sengaja atau tidak. Kita dapat mengembalikan/restore partisi tersebut dengan Utility ini. Software TestDisk sangat sederhana dengan hanya memiliki interface DOS, namun mempunyai kemampuan cukup bisa diandalkan.
Saat menjalankannya,muncul menu utama pilih "create" untuk membuat log file baru. Pada tampilan berikutnya seluruh harddisk dan partisi akan terdeteksi secara otomatis. Pilih harddisk yang ingin dikembalikan partisinya. kemudian pilih pada "Intel" untuk partisi PC atau Windows, ada beberapa pilihan lain untuk OS Macintosh dan Linux.
Selanjutnya pilih "analyze" untuk melakukan analisa dan menemukan struktur partisi dan partisi yang hilang. Setelah daftar partisi ditampilkan, kita bisa langsung memilih partisi yang ingin di recover.

MASTER BOOT RECORD/MBR
Jika kerusakan terjadi pada fisik MBR, maka sangat sulit untuk bisa diselamatkan, langkah terakhir dan pasti adalah beli baru ^_-^.
Kecuali kalau MBR hilang atau corrupt atau terkontaminasi Virus, masih dapat dilakukan perbaikan.
Pada masalah MBR, dapat menggunakan software MBR Utility atau kita bisa menggunakan CD/DVD install Windows untuk mengembalikan kondisi MBR harddisk tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah meluangkan waktu berkunjung ke Blog Belajar dan Informasi, mohon dukungan dan masukannya.

Rekan Blog Belajardan Informasi