Laman BelajardanInformasi

Cari artikel

Loading

Perawatan Video Card

Terdapat aneka software yang bisa dimanfaatkan untuk mengetahui suhu dan kecepatan putar kipas sebagai perawatan dari sebuah video card. Diantaranya adalah software freeware ATi Tool. Walau menggunakan nama ATi, tapi software ini dapat digunakan untuk merk video card lain seperti nVIDIA. (perhatikan gambar dibawah " perawatan video card").
perawatan video card

Untuk memulai berbagai pilihan di Software ini, lihat dan klik pilihan setting dikanan bawah, dari sini bisa dilakukan monitoring suhu. kemudian pilih Temperature Monitoring. Pastikan lebih dahulu pada pilihan Measure card temperature di centang.
Setelah itu, penunjuk suhu akan tampil secara systray. Kita bisa mengatur tentang apa yang mau ditampilkan pada systray icon tersebut. GPU temperature secara default menampilkan suhu dari chipset GPU. GPU Environment temperature berfungsi untuk mengetahui suhu yang ada di dalam casing secara keseluruhan dan pilihan terakhir adalah Alternate both temperature yang akan menunjukan sekaligus dua suhu, GPU dan environment.
Dari software ini,kita dapat mengukur temperatur GPU environment, jika menunjukan angka terlalu tinggi, dapat dipastikan terjadi overheat, sirkulasi udara pada casing dan pendinginan pada PC tidak bekerja dengan baik, biasanya kerja kipas pada casing sudah tidak maksimal.
Apabila video card kita sudah memiliki kipas control, maka otomatis menu fan control akan muncul pada software ATi Tool ini. Untuk menggunakannya, tinggal centang ada pilihan Override fan speeds untuk mengatur kecepatan putar dari kipas tersebut secara manual.

Sumber situs dan unduhan: perawatan video card;ATi Tool

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah meluangkan waktu berkunjung ke Blog Belajar dan Informasi, mohon dukungan dan masukannya.

Rekan Blog Belajardan Informasi