Laman BelajardanInformasi

Cari artikel

Loading

Perawatan Harddisk

Untuk perawatan harddisk bisa menggunakan HD Tune. Banyak sebenarnya software perawatan untuk harddisk, salah satunya dapat dipilih HDTune ini. Setelah proses instalasi software ini selesai, suhu harddisk secara langsung muncul di bagian atas dari window HD Tune, dan juga di bagian systray OS Windows. Perhatikan jika suhu tersebut berubah warna menjadi merah berarti harddisk terlalu panas dan kemungkinan error bisa terjadi kapan saja. Pencegahannya, sirkulasi udara dalam casing perlu diperbaiki, atau dengan cara memberi kipas tambahan yang menempel pada body harddisk atau dengan menambah harddisk kedua.
Untuk mengetahui kesehatan harddisk, cukup memilih menu tab "Health" pada window aplikasi HD Tune. Jika harddisk dalam kondisi sehat, maka akan terdapat tanda "OK" berwarna hijau pada "Health Status". Namun sebaliknya jika mengalami masalah, maka akan mendapat tanda "Failed", sehingga dimungkinkan harddisk suatu ketika bisa mengalami kegagalan baca. Dengan kondisi yang tampil seperti ini, pengguna tentu segera melakukan tindakan backup data sebagai langkah preventif.
Untuk mengetahui ada dan tidaknya bad sector, dengan memilih menu tab "Error Scan" dan software ini akan berjalan secara real time. Jika warna merah muncul berarti harddisk sudah terkena atau ada bad sector. parah atau tidaknya bergantung dari berapa banyak warna merah yang ditampilkan.
Selain itu pada software ini juga terdapat fitur benchmark, untuk mengetes performa dari harddisk. Pilih menu tab "Benchmark", setelah jalan kita akan mengetahui Transfer rate (maximum,minimum, dan average),Access Time, Burst rate, dan CPU Usage dari harddisk yang dites tersebut.
HD Tune bersifat freeware, walau begitu fasilitas yang ditawarkan sudah demikian lengkap dan untuk software sejenis yang freeware, HD Tune masih terdepan.
perawatan harddisk

Berikut adalah beberapa fitur dari HD Tune:
· Benchmark: mengukur kinerja standar harddisk
· Transfer Rate
· Akses Waktu
· CPU Usage
· Burst Rate
· informasi harddisk yang meliputi versi firmware, nomor seri, kapasitas disk, ukuran buffer, modus transfer
. Kesehatan Hard Disk
· S.M.A.R.T. Informasi (Self-Monitoring Pelaporan Analisis dan Teknologi)
. temperature
· Power On Time
· Menyalin teks ke clipboard
· screenshot daapt disalin ke clipboard

· Ditambahkan pilihan untuk mengubah ukuran blok
• Meningkatnya kompatibilitas dengan Vista
· Tetap masalah dengan menampilkan suhu Fahrenheit


Sumber unduhan : HD Tune Utility; perawatan harddisk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah meluangkan waktu berkunjung ke Blog Belajar dan Informasi, mohon dukungan dan masukannya.

Rekan Blog Belajardan Informasi