Laman BelajardanInformasi

Cari artikel

Loading

Data hilang, Harddisk terformat(PC INSPECTOR)

data hilang,harddisk terformat(PC INSPECTOR)
Cara ini berguna untuk menyelamatkan data hilang, harddisk terformat.
Masih menggunakan software PC Inspector, langkahnya adalah:
1. Pada kotak dialog Select drive, pilih tab "logical drive". Pilih drive yang akan diselamatkan datanya, lalu klik OK.

2. Pada menu PC INSPECTOR, klik Tool - Find Lost Data.... . Pada dialog Select Cluster range tentukan cluster yang akan dicari datanya. Untuk seluruh drive, tentukan start cluster pada nilai minimum dan End cluster pada nilai maksimum. Klik OK, dan PC INSPECTOR akan memindai sector drive tersebut dengan menampilkan dialog find lost data.

3. Pada jendela PC INSPECTOR sebelah kiri, pilih klik folder lost. Klik nama file yang akan diselamatkan, gunakan tombol shift untuk memilih beberapa file sekaligus. Kemudian klik kanan pada file-file tersebut dan pilih Save to... dan pada dialog Select Directory....tentukan tempat menyimpan file tersebut. Terakhir klik OK.

Jika partisi hilang sistem operasi tidak dapat menampilkan drive tersebut. Untuk menyelamatkan data dari harddisk, setelah PC INSPECTOR memindai drive yang ada pada komputer, lakukan langkah berikut:

1.Pada dialog Select drive, pilih tab Physical drive. Pilih drive yang partisinya hilang. Klik tombol Find logical drive.

2.Muncul dialog Select sector range. Tentukan sektor yang akan dicari datanya. Untuk seluruh drive, tentukan Start sector pada nilai minimum dan End sector ada nilai maksimum. Klik OK, software PC INSPECTOR akan memindai drive tersebut untuk menemukan logical drive yang ada.

3. Setelah pemindaian selesai, pindahlah ke tab Logical drive. Pada tab ini akan terlihat logical drive yang ditemukan PC INSPECTOR. Pilih logical drive tersebut dan klik OK.

4. Pada jendela PC INSPECTOR sebelah kiri,pilih folder Root. Data yang ada pada logical drive terlihat pada bagian sebelah kanan. Klik nama file/folder yang akan diselamatkan, gunakan tombol shift untuk memilih beberapa file sekaligus. Klik kanan pada file-file tersebut dan pilih Save to... dan pada kotak dialog Select Directory... tentukan tempat menyimpan file yang berhasil diselamatkan. Terakhir klik OK.

5 komentar:

  1. Hi sob, kunjungan baliknya ya..

    BalasHapus
  2. Jualan furniture, dari jepara nih. kunjungannya ya sob.

    BalasHapus
  3. Toko Tenun online, maklum kecil-kecilan kok. target pasar hanya indonesia.

    BalasHapus
  4. Dari Jepara mas, kunjungan baliknya ya.

    BalasHapus
  5. Terima kasih atas artikelnya.sudah aku praktekkan nich.

    BalasHapus

Terimakasih sudah meluangkan waktu berkunjung ke Blog Belajar dan Informasi, mohon dukungan dan masukannya.

Rekan Blog Belajardan Informasi