Laman BelajardanInformasi

Cari artikel

Loading

Teknologi Tinta Elektronik:informasi

teknologi tinta elektronik
Datangnya teknologi baru biasanya menggusur teknologi sebelumnya.Teknologi Tinta Elektronik contohnya, dengan penggunaan monitor yang menampilkan visual teks /gambar hasil dari teknologi elektronik kristal cair, dioda pemancar cahaya dan plasma gas, sekarang anda mungkin tidak berpikir teknologi kertas layar adalah sangat revolusioner(Teknologi Tinta Elektronik).

Seperti penemuan Cina pada kertas di 105 Masehi, yang selanjutnya mengubah cara dunia berkomunikasi. Tanpa itu, buku yang dicetak pada gulungan sutra dan hanya orang kaya yang mampu membeli, akan membuat keterampilan menulis aksara menjadi langka.

Lihatlah di sekitar Anda: menjadi hampir mustahil pada kerja satu hari tanpa kontak dengan kertas dalam berbagai bentuk. Setiap tahun, dunia akan diperkirakan mengkonsumsi 280 juta ton kertas, menurut National Association of Paper Merchants di Inggris. Itu sama dengan 56 triliun lembar surat-ukuran kwarto tebal.

Selama hampir 2.000 tahun, tinta di atas kertas satu-satunya cara untuk menampilkan kata-kata dan gambar, dan dari sisi kemudahan dibawa (mobilitas) dan harga, kertas masih unggul dibandingkan monitor komputer. Selain itu kertas juga tidak memerlukan catu daya eksternal. Namun memang kertas memiliki beberapa keterbatasan: Setelah dicetak, teks di atas kertas, teks tidak dapat diubah tanpa setidaknya meninggalkan beberapa tanda, dan juga sulit untuk membawa sejumlah besar buku dalam setiap kegiatan.
Teknologi Tinta Elektronik yang kini semakin berkembang adalah sebuah teknologi revolusioner yang akan menggantikan kertas dan tinta.

Kapsul berpigmen
Tiga komponen utama yang digunakan dalam membuat Tinta eletronik:
-Jutaan mikrokapsul atau lubang kecil
-Tinta atau zat berminyak yang mengisi mikrokapsul atau lubang
-Chip atau bola-bola berpigmen bermuatan negatif yang mengambang di dalam mikrokapsul

Meski dapat digunakan untuk mencetak pada kertas biasa, Tinta elektronik dirancang untuk digital book, yang halaman-halamannya terbuat dari sejenis plastik yang sangat tipis. Tinta elektronik akan menutupi seluruh bagian halaman, dipisahkan oleh sel-sel yang membentuk tulisan pada halaman. Bayangkan sel-sel tersebut sebagai pixel pada layar monitor. Setiap sel terhubung dengan perangkat mikroelektronika yang dilekatkan ada sisi-sisi lembar plastik tersebut.
Perangkat mikroelektronika inilah yang digunakan untuk mengatur mikrokapsul agar bermuatan positif atau negatif, yang membentuk tulisan atau gambar tertentu. Untuk menjelaskan bagaimana Tinta Elektronik bekerja, ilustrasinya adalah: jutaan mikrokapsul sebagai sebuah bola pantai ( bola besar yang ditiup) yang transparan. Setiap bola pantai ini diisi dengan ratusan bola pingpong yang kecil. Bola pantai ini tidak diisi udara, melainkan cairan berwarna biru.
Bila diperhatikan dari atas, anda akan menyaksikan bola-bola pingpong mengambang menutupi permukaan bola pantai, yang menjadikannya terlihat berwarna putih. Namun bila diperhatikan dari bawah, warna birulah yang terlihat dari bola ini. Sekarang, jika bola-bola pantai ini disusun di sebuah lapangan, dan bola-bola ping-pong bergerak-gerak antara sisi atas dan bawah, anda akan menyaksikan perubahan warna dari susunan bola-bola pantai tersebut. Begitulah kira-kira prinsip kerja dari Tinta Elektronik (e-ink).
Dalam kenyataannya, mikrokapsul ini hanya berukuran 100 micron (1/10.000 cm), dan satu inci kertas berbahan plastik dapat dipenuhi oleh kurang lebih 100.000 mikrokapsul. Dalam setiap mikrokapsul tersebut, terdapat ratusan chip kecil yang berpigmen.
Perusahaan E Ink, Co. telah membuat chip putih dengan tinta biru, dan mereka juga telah mengembangkan warna lain tinta yang akan menampilkan lebih banyak warna dalam selembar kertas.
Ketika muatan listrik dihantarkan dalam mikrokapsul tersebut, chip chip yang berada didalamnya akan mengambang kepermukaan, atau tenggelam kedasar mikrokapsul. Bila chip mengambang, kertas akan terlihat berwarna putih, bila chip tenggelam akan terlihat warna gelap. Pola dari warna putih dan gelap inilah yang membentuk tulisan dan gambar di permukaan kertas.

Sumber tulisan:Electronics.howstuffworks

Sumber gambar:http://togaptar.wordpress.com/2011/02/15/electronic-ink/

7 komentar:

  1. Toko Tenun online, maklum kecil-kecilan kok. target pasar hanya indonesia. kunjungan baliknya ditunggu sob.

    BalasHapus
  2. Hi sob, kunjungan baliknya ya..

    BalasHapus
  3. Jualan furniture, dari jepara nih. kunjungannya ya sob.

    BalasHapus
  4. Dari Jepara mas, kunjungan baliknya ya.

    BalasHapus
  5. wow... teknologi baru nih

    BalasHapus
  6. wah bagus banget nihhh mas maju terus

    BalasHapus

Terimakasih sudah meluangkan waktu berkunjung ke Blog Belajar dan Informasi, mohon dukungan dan masukannya.

Rekan Blog Belajardan Informasi