Laman BelajardanInformasi

Cari artikel

Loading

Metode mudah merawat printer

Metode mudah merawat printer
Kalau mau sedikit perhatian, tidaklah sulit dalam merawat printer. Dengan metode mudah merawat printer ini dapat melengkapi berbagai cara dari sumber berbeda mengenai hal yang sama. Sekarang hanya menunggu kreatifitas kita dalam "mengakali" perangkat. Sumber informasi banyak tersebar, bukan akal-akalan yang tidak ilmiah tetapi ini masih dapat dimasukan ke akal ^__^... jadi silahkan menyimak belajar dan informasi mengenai metode mudah merawat printer.

Masalah Paper jam:
Dengan banyaknya bagian yang bergerak kemungkinan untuk kertas menyangkut/paper jam bisa terjadi, dan jika terlampau sering, mengakibatkan dapat menular pada komponen lainnya. Karena biaya perbaikan cukup tinggi, apalagi dengan mengganti printer sebelum masanya merupakan tindakan yang cukup mahal.

- Membersihkan bagian dalam printer; Bersihkan bagian dalam printer dengan berkala, debu dan kotoran bisa langsung terlihat saat membuka printer. Gunakan penyedot debu mini yang banyak dijual untuk bagian yang sulit dibersihkan dengan kuas.

- Menghindari menggunakan kertas lecek, lama atau bekas;
Gunakan selalu kertas baru, jika terpaksa menggunakan kertas bekas, usahakan dalam kondisi tidak lecek dan kotor.

- Menggunakan kertas berkualitas; Biasanya para pabrikan printer memberitahu standar minimum jenis kertas yang mesti digunakan dan ini termasuk dalam garansi vendor. Lihat pada buku petunjuk/manual pada setiap pembelian printer, kalau tidak ada kunjungi situs resminya untuk mengetahui standar kertas yang digunakan.

- Mengibaskan setumpuk kertas pada saat hendak dimasukan dapat menjadi salah penyebab paper jam, karena saat mengibaskan tersebut bisa menghasilkan listrik statik diantara lembaran kertas.

- Menyimpan kertas ditempat dengan kelembaban rendah; Tempat dengan kelembaban tinggi dapat membuat kertas lengket, sehingga menyebabkan paper jam dan paper feed-error. Hal ini terutama pada printer low-end yang mekanisme paper feed-nya tidak bisa memisahkan kertas di paper tray secara maksimal.
Simpan kertas pada tempat sejuk dan kering, juga letakan printer pada tempat yang bersuhu sama.

(Bersambung)

Sumber gambar: http://multimediabersatu.wordpress.com/

3 komentar:

  1. waw, saya baru tau kalo mengibaskan setumpuk kertas bisa ada listrik statik...
    infonya betul2 berguna euy...

    BalasHapus
  2. mang bener sob apa yang ente bilang..info yang bagus

    BalasHapus
  3. salam kenal ya sob, semoga blognya makin sukses.
    amin

    salam kenal ya sob, semoga blognya makin sukses.
    amin

    BalasHapus

Terimakasih sudah meluangkan waktu berkunjung ke Blog Belajar dan Informasi, mohon dukungan dan masukannya.

Rekan Blog Belajardan Informasi