Laman BelajardanInformasi

Cari artikel

Loading

Memperpanjang masa pakai printer

Memperpanjang masa pakai printer
Merawat printer bukanlah pekerjaan yang rumit, dengan sedikit usaha bisa memperpanjang masa pakai printer kita.
Melanjutkan dari artikel terdahulu yaitu Metode mudah merawat printer.
GUNAKAN LABEL KUALITAS BAGUS.
Setiap printer digunakan untuk membuat label, gunakanlah label yang berkualitas bagus/tinggi. Ini bahkan lebih penting dari menggunakan kertas kualitas tinggi karena label murahan bisa benar-benar merusak printer.Pada waktu label dilewwatkan melalui fuser atau roller, mereka bisa lepas dari kertas tempatnya dan menempel ke permukaan pertama yang bersentuhan dengannya.
Ini bisa merusak bagian printer karena kita harus mencabut label (yang bisa tidak mudah) atau terpaksa mengganti bagian tersebut. Jika yang terkena adalah fuser, biaya perbaikan bisa mencapai beberapa ratus dollar. Label kualitas tinggi tidak mudah lepas sehingga kita bisa menggunakan mereka tanpa perlu merasa takut merusak printer.

GUNAKAN JALUR SELURUS MUNGKIN UNTUK LABEL
Pada waktu mencetak label, sedapat mungkin hindari jalur kertas yang banyak tekukan/putaran. Sebagai contoh, gunakan feed tray manual, supaya label bisa masuk langsung ke dalam printer tanpa ditekuk. Jika printer mempunyai jalur keluar tambahan yang menghindari label melalui roller, kita harus menggunakannya. Mengurangi jumlah roller yang dilalui label akan memperkecil kemungkinan tertariknya label dari kertas tempatnya dan menempel pada sesuatu di dalam printer.

GANTI ROLLER TUA DAN RUSAK
Roller yang rusak merupakan penyebab lainnya terjadi paper jam. Pada waktu roller mencapai akhir masa pakainya, permukaan mereka akan mengkilat dan atau licin sehingga kertas bisa slip. Ini dapat menyebabkan kertas tidak bisa diambil dari paper tray atau menyebabkan kertas dimasukan secara salah.
Pada printer laser, masa pakai roller biasanya sama seperti peralatan maintenance printer. Oleh karena itu, jika menggunakan roller pada waktu mengganti peralatan maintenance, maka kita tidak akan mengalami banyak masalah dengan feed roller. Namun, printer tinta biasanya tidak memerlukan tune-up seperti printer laser, sehingga tidak perlu mengganti feed roller secara rutin.
Biasanya pabrikan akan menawarkan peralatan yang bisa digunakan untuk menggosok permukaan roller sehingga bisa mengambil kertas dengan baik. Peralatan ini mencakup bantalan penggosok yang sangat padat dan program untuk memutar feed roller di bantalan tersebut sehingga roller tergosok. Jika pabrikan printer tidak menyediakan peralatan semacam itu, kita bisa melakukannya dengan menggunakan penggosok kecil. Pastikan menggosok roller secara merata.

Berhati-hati saat mengganti spare part printer, karena printer terbuat dari material yang mudah patah seperti plastik. Kita harus hati-hati saat memasang atau memperbaiki mereka. Ini terutama untuk tutup dan case karena tab plastik kecil yang menahan mereka biasanya mudah pecah. Jika mengalami kesulitan pada saat memasang spare part printer, kita mesti bersabar dan lihat bagaimana mereka terhubung. Kerja secara teliti dan cermat karena bisa saja kita memasang dari arah yang salah atau mereka tidak terhubung seperti yang kita pikirkan.

Sumber tulisan: Gunung Sarjono
Sumber gambar: http://princeheart.wordpress.com/

5 komentar:

  1. makasih yah atas tipsnya,daku sich gak punya tapi ponakan daku yang punya,jadi kalau mau print,tinggal nebebg aja.salam love,peace and gaul.

    BalasHapus
  2. @saryadinilan: salam love, peace and gaul too ^__^

    BalasHapus
  3. Om jika printer terbiar lama tanpa tinta, tetapi masih terpasang tinta yang lama dan kosong apakah itu bisa merusak atau ngak ya Om.

    BalasHapus
  4. kalau dibiarkan terlalu lama, dikhawatirkan jalur keluar tinta pada catridge akan buntu. Mengenai printernya sendiri tidak akan rusak, hanya pada catridge-nya.

    terimkasih bu ^_^

    BalasHapus
  5. ass
    saya jadi tahu,agar printer awet
    trims tipsnya
    trims visitnya ke Yogyakarta
    selamat berpuasa

    BalasHapus

Terimakasih sudah meluangkan waktu berkunjung ke Blog Belajar dan Informasi, mohon dukungan dan masukannya.

Rekan Blog Belajardan Informasi