Laman BelajardanInformasi

Cari artikel

Loading

Solusi akhir dari Harddisk mati

Solusi akhir dari Harddisk mati
Jika anda kebetulan mempunyai Harddisk lama yang mati dan belum dibuang, kepingin kembali menyelamatkan datanya. Atau pada kasus yang sama pada harddisk baru, bisa dicoba solusi akhir dari Harddisk mati, seperti metode dibawah.

Keberhasilan trik ini sekitar 60% dari pengalaman berbagai kasus teman dan penulis, sehingga Anda memiliki kemungkinan yang baik untuk mendapatkan data kembali. Tapi harus diingat (peringatan keras untuk yang ingin mencoba) bahwa setelah pembekuan harddisk maka kemungkinan besar harddisk benar-benar tidak bisa bekerja lagi , karena itu lakukan metode ini hanya sebagai pilihan terakhir.

Langkah-langkahnya:
1 - Tempatkan Harddisk dalam kantong plastik (seperti digambar) dan masukkan ke dalam freezer sekitar 2 jam.

2 - Setelah itu keluarkan dari freezer. Hubungkan ke komputer secepat mungkin, diharapkan harddisk tidak punya waktu untuk pemanasan. Pastikan bahwa Anda tidak mengeluarkan harddisk dari kantong palstik dan sebisanya anda membuka sedikit mungkin saat menghubungkan ke kabel daya dan data, sehingga udara luar tidak masuk dan membuat kondensasi pada harddisk.

3 - Hidupkan komputer, cari data anda dan bawa keluar secepat mungkin (copy data). Waktu adalah kunci di sini karena anda tidak akan tahu apakah harddisk akan bisa bekerja lagi nantinya. Pastikan anda melakukan ini pada komputer yang cepat dan tidak memakan waktu lama untuk boot, jika mungkin hubungkan harddisk memakai jalur USB, sehingga tidak membuang waktu dengan komputer saat booting. Juga pastikan anda mengetahui lokasi yang tepat dari data, lebih baik jika Anda pergi ke langsung ke folder daripada menggunakan utilitas pencarian Windows, karena proses seperti itu akan membuat harddisk lebih cepat panas.

4 - Jika setelah proses diatas, anda masih tidak dapat mengakses harddisk dan masih mendengar suara berisik, Pegang harddisk (tanpa mengeluarkan dari kantong), tekan dengan buku-buku jari anda di satu sisi untuk melihat apakah ini akan membuatnya bekerja, Anda jelas harus melakukan hal ini saat harddisk dihidupkan dan terhubung ke komputer.
(belajar dan informasi)
Selamat mencoba dan berhati-hati ^__^

Sumber: http://geekyprojects.com/

3 komentar:

  1. lha apa ga nyetrum nih kena listrik krn berair?

    BalasHapus
  2. wahhhh pas ini... berarti kalau kompi saiia bermasalah.. tinggal tlp akangnya ajja nii :p

    BalasHapus
  3. Bagi teman - teman yang mengalami kerusakan HARDDISK
    bisa dikonsultasikan atau di servis ertech komputer. ini
    Alamat nya: jl.karang rejo x/36 surabaya (daerah ketintang)
    Hub : 031 72357968/081330029001
    http://www.ertechcomputer.blogspot.com
    Disini memang spesialisnya HARDDISK. masalah harga bisa di nego,
    Trims ertech berkat ertechcom
    Semoga sukses.....teman2…!!

    BalasHapus

Terimakasih sudah meluangkan waktu berkunjung ke Blog Belajar dan Informasi, mohon dukungan dan masukannya.

Rekan Blog Belajardan Informasi