Laman BelajardanInformasi

Cari artikel

Loading

Semantic Web, Relasi antar informasi

google,investigation
Cukup mengetikan kata kunci di aplikasi web browser, Google akan menampilkan informasi yang kita perlukan. Antara Google dan web browser terjadi hubungan yang pasif.

Web browser meminta, Google memberikan. Web browser tidak selektif memilah jawaban yang diberikan Google atas pertanyaan yang dikirimkannya.

Informasi yang ditampilkan Google di web browser dibuat dengan komputer untuk konsumsi belajar manusia. Website yang kita kunjungi setiap hari menggunakan bahasa manusia, gambar dan layout halaman yang memudahkan kita memahami informasi yang ditampilkannya.


Meski menjadi sentral pembuatan dan pengelolaan informasi, komputer sesungguhnya tidak bisa memahami informasi tersebut.
Komputer tidak dapat membaca, melihat hubungan antar informasi, mengenali informasi yang baik dan yang buruk atau membuat keputusan seperti laiknya manusia. Semantic web hadir untuk membantu komputer membaca dan menggunakan web. Ide besar dibalik semua ini cukup sederhana, yaitu penambahan metadata pada halaman web sehingga ia terbaca oleh mesin.

Hal ini bukan berarti menambahkan kecerdasan buatan baru pada komputer, melainkan memberikan tool kepada mesin untuk menemukan, saling tukar, dan pada tingkatan tertentu menginterpretasikan informasi. Semantic web merupakan tambahan untuk WWW yang ada sekarang.

Relasi antar informasi
Dengan maksud, aplikasi di WWW tidak hanya menampilkan relasi antar pengguna (social networking), melainkan mengaitkan antar informasi. Kita tidak perlu lagi membuka beberapa website untuk mencari informasi yang saling terkait, biarkan komputer yang mengolah informasi yang diterimanya dari WWW.
Sebagai contoh: saya ingin membeli sebuah notebook yang dilengkap dengan port express card, sebuah modem HSDPA. Semantic web akan mengoneksikan semua informasi diatas (notebook, modem). Kita tinggal memasukan informasi tersebut dan biarkan komputer mencarinya di search engine dan menganalisanya.
Semua informasi dikaitkan oleh metadata. Kita dapat melihat perbedaan metada Web 1.0 dan Web 3.0 yang sudah menerapkan konsep semantic web.

* Web 1.0 : Notebook

*Web 3.0 : Notebook
Tambahan informasi dalam tag Notebook pada Web 3.0 itulah yang disebut metadata. Metadata adalah data yang terbaca oleh mesin (machine readable), yang menggambarkan data lain (pada contoh diatas, data yang digambarkan adalah Notebook). Sama seperti halaman web pada umumnya, metadata tidak terbaca oleh manusia yang mengakses halaman tersebut.

http://blogger-indonessia.blogspot.com

4 komentar:

  1. owh ternyata demikian yah, saya baru tahu sob, trims infonya

    BalasHapus
  2. Nice share gan http://amminessalafy.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. wah nice info gan, jangan lupa mampir ea

    BalasHapus
  4. Masih engga ngerti.
    Tapi tetap nice post dah ckck
    kunjungan pertama nih,kunjungan balik yah.
    dan jangan lupa juga follback,blog mu sudah aku follow

    BalasHapus

Terimakasih sudah meluangkan waktu berkunjung ke Blog Belajar dan Informasi, mohon dukungan dan masukannya.

Rekan Blog Belajardan Informasi