Laman BelajardanInformasi

Cari artikel

Loading

Distro terbaik:Linux Mint

Mint.14-Nadia
Direkomendasikan untuk pengguna pemula atau tingkatan lainnya yaitu Distro terbaik:Linux Mint.
Ubuntu bukan lagi distribusi Linux nomor satu yang berpengaruh di situs DistroWatch. Karena sudah dikalahkan oleh salah satu keturunannya yang sangat berbakat yaitu- Mint.

Seperti diketahui bahwa Linux Mint dibangun di atas Ubuntu, Mint memiliki pilihan yang fantastis untuk paket standar, dan untuk dukungan hardware dan update, pengguna dapat merasakan keleluasaannya (sangat baik). Repositori Ubuntu sebenarnya sangat berdekatan dengan standar Linux global, dan yang membuat Ubuntu (atau salah satu turunannya) menjadi pilihan yang brilian jika Anda hanya ingin melanjutkan dengan menjalankan perangkat lunak grafis.

Pengalaman ber-Ubuntu masih tak tertandingi sebab adanya dukungan dan keterlibatan masyarakat/komunitas. Jika Anda memiliki masalah (yang tidak terselesaikan), Anda punya kesempatan terbaik dengan Ubuntu bahwa orang lain memiliki masalah yang sama dan pada akhirnya akan dipecahkan bersama-sama.
Ini adalah salah satu alasan terbaik untuk menggunakan turunan Ubuntu.

Tetapi seperti layaknya "opera sabun" di beberapa distro Linux, Ubuntu telah beralih dari menggunakan Gnome ke desktop yang disebut Unity. Langkah ini memecah pilihan pada pengguna/masyarakat, yang pada gilirannya menekan Linux Mint untuk tetap dengan Gnome.
Pada saat yang sama, Gnome mengalami pergeseran paradigma sendiri, membuang OS X dan menggantinya dengan shell layar penuh, panel-based.

Dan membuat tim pengembang Mint sedikit "kebingungan": memberi sentuhan dengan upgrade Gnome yang tidak pas, atau dibiarkan. Pada akhirnya, para pengembang membuat keputusan yang berani. Mereka mengambil bagian terbaik dan baru dari desktop Gnome, kemudian membangun kembali bagian-bagian yang masyarakat sukai dari versi lama.
Hasilnya adalah sebuah desktop baru yang disebut Cinnamon, yang kami pikir adalah yang terbaik dari seluruh dunia untuk instalasi Linux modern.

Cinnamon adalah alasan kami untuk memilih Mint sebagai dasar untuk memberikan rekomendasi yang memudahkan bagi para pengguna. Sangat modern dan masih berakar pada desktop lama.
Sampai pada Linux Mint versi 14 dengan code name Nadia, berbasis Ubuntu 12.10, sangat cantik dan mudah digunakan bagi para pemula ,didalamnya sudah terinstall codec multimedia pada versi DVD. Linux Mint 14 tersedia dalam dekstop environtment cinnamon dan MATE.

Sumber:http://www.techradar.com
Gambar:http://linux.hootip.com

10 komentar:

  1. Keren nih semakin banyak pilihan distro linux

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini bagian dari salah satu yang direkomendasikan (best distro Linux: five recommended)

      Hapus
  2. saya dulu pernah dual booting dengan windows di kloning dengan linux, tapi di saat linuxnya update eehh.. windoswnya gak bisa di booting.. ya sudah data ilang semua. salam kenal pak, kunjungan pertama

    BalasHapus
    Balasan
    1. kloning,....salam kenal juga mas. Di kompi yg sy pake ini sebelumnya sy pasang triple boot....ubuntu, linux mint dan Xp...tetapi kemudian saya hapu jadi dual boot saja....alasannya: karena hdd-nya masih 160 GB, untuk keperluan simpan data dirasa lama semakin kurang. Nanti kalau ganti hdd yang lebih besar, bisa dipasang lagi bahkan multiple boot ^__^

      Hapus
  3. Kirain distro toko jual produk-produk Bandung :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ^_^ iya yang dijual aneka kemudahan dalam memakai sistem operasi linux

      Hapus
  4. hihi agak males sih kalo pake linux meskipun memang lebih aman :P

    BalasHapus
  5. Izin nyimak aja gan.. Kelihatanya begitu menarik nih info di atas

    BalasHapus
  6. aku juga ubuntu aku pakai cinnamon :D

    BalasHapus

Terimakasih sudah meluangkan waktu berkunjung ke Blog Belajar dan Informasi, mohon dukungan dan masukannya.

Rekan Blog Belajardan Informasi