Laman BelajardanInformasi

Cari artikel

Loading

Temperatur pada Komputer

Memperhatikan temperatur pada komputer ( PC, laptop atau notebook ) adalah hal terpenting dalam langkah perawatan (menyangkut perawatan hardware). Karena setiap kali terjadi panas yang berlebih sistem PC bisa dipastikan akan "membeku" diam tidak bisa digunakan, meskipun saat di restart, PC akan normal kembali.
Pentingnya masalah temperatur suhu pada setiap komponen PC, menjadikan landasan para pabrikan untuk terus berinovasi. Seperti contoh, Processor dengan teknologi modern saat ini sudah memiliki sensor suhu terintegrasi didalamnya, sehingga memudahkan BIOS untuk memonitor panas dari processor tersebut yang ditampilkan Celcius ataupun Fahrenheit.
Demikian juga dengan motherboard yang juga memiliki sensor panas terintegrasi. Dalam BIOS, kita dapat melihat "CPU Temperature" dan "MB Temperature" untuk kedua komponen tersebut.
Untuk processor jika mengalami panas yang berlebih, cek terlebih dahulu CPU Voltage, apakah sesuai atau tidak terjadi peningkatan arus daya yang berlebih. Jika tidak ada msalah pada voltage, kemungkinan lain adalah sirkulasi udara didalam casing yang tidak bagus. Bisa karena kerja kipas sudah lemah, berdebu.
Bersih-bersih debu tidak hanya pada kipas, tapi juga pada komponen lain. melakukannya cukup dengan kuas halus atau vacuum cleaner.
Beberapa produsen motherboard sudah mengintegrasikan fitur yang dimilikinya langsung dalam BIOS. Seperti AI overlocking (ASUS), iGuru (Abit). Hal ini juga terjadi dalam kipas kontrol. Pada BIOS modern, fan control akan ter-setting AUTO atau malah dalam posisi off default-nya. Untuk lebih memaksimalkan kinerja dari kipas, bisa masuk kedalam menu CPU Fan Control dan Chassis Fan Control dan mengubahnya menjadi Enable. Bisa juga memilih silent mode ( jika fitur ini ada dalam motherboard), ini berlaku kalau panas CPU kurang dari 40 derajat Celcius.
Untuk mengatur kerja kipas secara otomatis bisa menggunakan pilihan "performance mode" pada pilihan overlocking. Setting fan noise dan pendinginan akan diatur otomatis secara maksimal. Dan akibatnya, jika memilih mode ini fan akan berputar kencang dan mengeluarkan suara nyaring, tidak apa karena ini sepadan dengan performa pilihan yang maksimal tersebut.

2 komentar:

  1. kalo terlalu panas...maen komputernya didlm kulkas aja bung...

    BalasHapus

Terimakasih sudah meluangkan waktu berkunjung ke Blog Belajar dan Informasi, mohon dukungan dan masukannya.

Rekan Blog Belajardan Informasi