Laman BelajardanInformasi

Cari artikel

Loading

Kasus dan kakus

Wah sudah diawali dengan judul "kepleset" ^_-^...Kalau ditanya apa beda Kasus dan kakus ?
Kalau Kasus, itu sering ditemui pada keseharian kita. Mulai dari hal yang kecil sampai masalah rumit yang besar, melibatkan petinggi-petinggi negara ini...misalnya...korupsi..weaalah..ngelantur ^_^.
Dan Kakus...istilah rakyat kecil dari bahasa pasaran daerah, yang sama dengan jamban atau WC atau bahasa halusnya Kamar kecil.
Kasus dan kakus, sebenarnya tidak jauh beda, kalau mau dicari-cari persamaannya..seenak awakmu lah...ujar temanku...kalau dia lagi ga ada ide.

Tapi topik kali ini bukan permasalahan kedua kata tersebut. Namun masih berhubungan dengan permasalahan atau kasus-kasus yang biasa terjadi di Personal Computer kita.
Dan bukan meratakan semua kasus sama, tetapi mungkin bisa diambil sebagai awal untuk belajar menganalisis trouble pada PC sendiri.

Case 1 : saat booting, PC tiba-tiba tidak merespon dan kemudian muncul pesan error.
Analisa : Setting BIOS tidak benar dan mengalami error. Atau bisa juga tidak ditemukan OS yang bisa di-load oleh sistem.
Solusi : Setting ulang BIOS yang error tadi, biasanya ditunjukan di mana error-nya, baca dengan teliti keterangan yang muncul. Periksa juga kesehatan PC pada yang menyangkut setting voltage.

Case 2 : PC desktop mengalami crash atau booting secara berulang-ulang tanpa diminta.
Analisa : Kemungkinan terjadi kerusakan pada RAM. Juga bisa disebabkan sudah lemahnya atau tidak stabilnya PSU yang digunakan. Atau karena udara didalam casing terlalu panas.
Solusi : Periksa dengan teliti kesehatan PC dengan aplikasi/software utility yang pernah di tulis pada blog ini, yaitu di Konflik pada Windows atau di Temperatur pada Komputer

Case 3 : PC tiba-tiba crash setelah bekerja cukup lama.
Analisa : Biasanya masalah klasik seputar suhu uyang overheat, banyak terjadi pada processor dan video card.
Solusi : Masalah bisa diatasi dengan membersihkan heatsink CPU atau video card tersebut. Ganti bila rusak ( kipas ), bersihkan jika kotor dan berdebu. Kalau perlu tambahkan kipas untuk menjaga suhu dalam casing tetap stabil. Periksa juga kecepatan putar kipas dan penunjuk suhu dalam BIOS.

Case 4 : PC yang biasanya berjalan normal, kemudian tiba-tiba bekerja sangat lamban saat melakukan load pada proses menjalankan DVD video atau software desain 3D.
Analisa : Acap kali ini disebabkan karena permasalahan suhu dan power supply, dimana biasanya aplikasi yang memerlukan load tinggi akan meminta resource hardware yang tinggi pula. Terutama jika pengguna menggunakan komputer untuk menonton film kualitas tinggi ( HD DVD ) atau memakai aplikasi 3D yang memerlukan banyak rendering. Hal ini akan menguras daya dari PSU dan membuat video card bekerja ekstra keras yang menyebabkan habisnya daya dari PSU dan chipset video card menjadi jauh lebih panas suhunya.
Solusi : Langkah pertama yang mesti dilakukan adalah cek sistem daya atau voltage PSU ( bisa dilihat pada BIOS ), jika tidak ada masalah, periksa kemampuan video card, apabila spesifikasinya tidak memungkinkan jangan dipaksakan dipakai. Nantinya jika dipaksakan akan merusak video card tersebut. Gunakan video card yang sesuai dengan kemampuan PSU dan PC.

Case 5 : PC tiba-tiba "hang" namun tidak beberapa lama PC kembali normal.
Analisa : Masalah bisa bersumber pada RAM,apakah memang cukup besar atau malah kurang. Dan bisa juga masalah tersebut terjadi pada harddisk.
Solusi : Lakukan pengecekan kapasitas memory dengan aplikasi Memtest. Jika yang digunakan sampai 80%, mesti menambah RAM ( standard PC pada RAM saat ini min. 1 GB ).
Selain itu, masalah bisa terjadi pada harddisk, kemungkinan error pada saat read and write. Periksa dengan aplikasi HDTune.
Jika kasus tersebut terjadi saat memasukan CD/DVD, pastikan media CD/DVD tersebut dalam kondisi bagus tanpa banyak goresan yang dalam. Jika diperlukan lakukan cleaning optical disk dengan media pembersih.

2 komentar:

  1. Hal2 itu sering saya alami mas, maklum laptop sudah tua. Tapi saya senang karena layar lebar sehingga mata gak sepet,apalagi saya dah hampir 62 tahun je.

    Terma kasih tipsnya, tapi saya agak lola (loading lambat) jika masuk ke jeroan laptop. Saya lebih senang ngacir ke tukang servis dan mbayar ha ha ha ha.

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  2. salam sahabat
    heheh kok ada ada aja tuh kakus judulnya unik banget oh iya folowernya mana yach?maaf telat ya

    BalasHapus

Terimakasih sudah meluangkan waktu berkunjung ke Blog Belajar dan Informasi, mohon dukungan dan masukannya.

Rekan Blog Belajardan Informasi